Aplikasi TebaKaku

Aplikasi Android tentang Pembelajaran Kata Baku Bahasa Indonesia

Aplikasi TebaKaku merupakan karya pertama saya dan adik saya (Kazoku Ztudio) untuk penggunaan ponsel android berupa game pendidikan kata baku Bahasa Indonesia. Permainan edukasi berbasis aplikasi android ini bisa guru pakai untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Aplikasi ini mendapatkan penghargaan pada Lomba Ki Hajar tahun 2019 yang penyelenggarannya adalah M-Edukasi Kemdikbud.

Baca Juga: pembelajaran berani jujur

Cara Memainkan Aplikasi TebaKaku

Games ini mempunyai konsep yang cukup sederhana. Siswa cukup memilih kata baku di sebelah kanan atau kiri secara benar dengan waktu yang tersedia. Kumpulkan poin benar sebanyak-banyaknya dan di akhir nanti. Lalu, guru menghitung perbandingan poin benar dan poin salah. 

Untuk permainan di kelas, bisa dipakai sistem Team Game Tournament.

Berikut adalah syntax-nya:

Baca Juga: pengenalan model pembelajaran

1. Siswa dibagi kelompok

2. Unduh aplikasi di sini

 

3. Install aplikasi

4. Buka dan pilih mulai main

5. Pilih level “mudah”

6. Dalam waktu 5 menit, siswa berlomba. Kelompok yang sampai pada poin 100 adalah pemenangnya.

Baca Juga: jembatan-kejujuran

Keuntungan Menggunakan Aplikasi TebaKaku

Permainan TebaKaku memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

  1. Mudah digunakan: Guru hanya perlu mengarahkan siswa untuk mengunduh aplikasinya di sini dan menginstalnya langsung untuk bisa siswa mainkan.
  2. Guru Bisa menggunakannya untuk submateri kaidah kebahasaan Kata Baku dalam teks Bahasa Indonesia.
  3. Meningkatkan daya ingat siswa: permainan edukatif yang ada di aplikasi ini adalah permainan ‘kecepatan’ menebak kata baku yang dapat meningkatkan daya ingat siswa terhadap kosakata baku bahasa Indonesia.
  4. Meningkatkan pemahaman siswa: Aplikasi TebaKaku juga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap penggunaan kosakata tertentu sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
  5. Mudah diakses: Aplikasi TebaKaku dapat diakses melalui aplikasi mobile, sehingga bisa siswa gunakan di mana saja dan kapan saja.

Baca Juga: pembelajaran puisi

Kesimpulan

Aplikasi TebaKaku merupakan permainan edukasi berbasis aplikasi android yang bisa guru pakai dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Aplikasi TebaKaku memiliki konsep permainan edukatif yang langsung bisa siswa mainkan. Permainan ini menjadi game sederhana, mendidik, dan menyenangkan! Maka, guru dapat memberikan aplikasi ini sebagai cara mengingat kata baku dalam bahasa Indonesia. Game ini sangat cocok untuk guru, murid. Maka, mainkan secara gratis.

Selamat mencoba!

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *