Modul Ajar Teks LHO Bagian 4

1.4 Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

Modul Ajar Teks LHO Bagian 4 merupakan modul ajar untuk pembelajaran teks LHO. Isinya berupa ATP 1.4 Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Selanjutnya, saya telah menyusun modul ajar Modul Ajar Teks LHO Bagian 4 ini berdasarkan analisis dan kesesuaian terhadap kondisi siswa tahun ajaran 2023-2024. Maka dari itu, saya sangat merekomendasikan modul ajar ini sebagai modul ajar alternatif selain modul ajar dari pemerintah.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi Modul Ajar Teks LHO Bagian 4 ini, kamu dapat menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan tertulis dalam bentuk teks laporan hasil observasi untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Selain itu, kamu juga dapat mengevaluasi teks laporan hasil observasi karyamu dengan mempertimbangkan kaidah-kaidah kebahasaannya.

Kata Kunci

  • Teks Laporan Hasil Observasi
  • Menulis
  • Evaluasi
  • Kaidah Kebahasaan

Profil Pelajar Pancasila

  • Berakhlak Mulia
  • Bernalar kritis
  • Kreatif
  • Mandiri

Apersepsi

Generasi kreatif, setelah kamu mempelajari tiga kompetensi berbahasa lain yaitu menyimak, membaca, dan berbicara, kali ini kamu akan mempelajari kompetensi berbahasa terakhir yaitu menulis. Pada akhirnya, seluruh siswa harus menguasai empat kompetensi berbahasa dari mulai menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Hal itu terutama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Kompetensi artinya kemampuan. Bahasa artinya sistem lambang bunyi yang arbitrer. Anggota suatu masyarakat menggunakan bahasa untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri.

Jadi, kompetensi berbahasa adalah penguasaan seseorang terhadap konten yang terdapat di dalam pembelajaran bahasa. Tanpa kompetensi bahasa seseorang menjadi tidak teratur dalam berbahasa.

Gambar 1 4 Keterampilan Berbahasa yang Saling Berkaitan (Sumber: canva.com)

Dalam berbahasa, keterampilan menyimak dan membaca merupakan bagian dari keterampilan reseptif, sedangkan keterampilan menulis dan berbicara merupakan bagian dari keterampilan produktif. Dengan demikian, untuk memulai pembelajaran kali ini yaitu tentang menulis, maka kamu perlu memahami tiga pembelajaran lainnya yaitu menyimak, membaca, dan berbicara tentang Teks Laporan Hasil Observasi.

Namun demikian, kamu perlu memperhatikan tips-tips dalam menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada bagian uraian materi agar kamu dapat melatih keterampilan menulismu.

Pertanyaan Pemantik

  1. Pernahkah kamu membaca sebuah Laporan Hasil Observasi tentang suatu objek wisata atau sebuah tempat yang menarik?
  2. Apa yang membuat daya tarik laporan itu?
  3. Sarana apa saja yang dapat kamu gunakan untuk mewujudkan daya tarik tersebut?

Uraian Materi

Pada bagian apersepsi, kamu sudah mengetahui bahwa empat kompetensi berbahasa itu adalah sebuah satu kesatuan. Jadi, sebelum kamu memulai menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Modul Ajar Teks LHO Bagian 4 ini, ada baiknya kamu menonton laporan hasil observasi berikut yang berbentuk vlog. Meskipun berbentuk vlog, awalnya naskah laporan hasil observasinya berbentuk teks. Kemudian, pembuat vlog mengubah wahananya ke dalam bentuk audio visual agar lebih mempunyai daya tarik.

Kegiatan 1

Coba perhatikan vlog laporan hasil observasi yang berjudul “Puskesmas Nagrak” berikut ini.

 

 

Berdasarkan laporan tersebut, tampak sekali bahwa presenter vlog Laporan Hasil Observasi “Puskesmas Nagrak” tersebut telah memahami struktur Teks Laporan Hasil Observasi, yaitu pernyataan umum atau klasifikasi, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat atau kesimpulan. Materi mengenai struktur Teks Laporan Hasil Observasi ini telah kamu pelajari pada bagian 1.1 Menyimak Laporan Hasil Observasi dan Mengkreasi Informasi.

Fungsi struktur Teks Laporan Hasil Observasi tersebut adalah untuk memudahkan penyusun dalam menjelaskan informasi objek observasi secara sistematis.

Dengan demikian, jika kamu tuliskan ulang dalam bentuk tabel, vlog Laporan Hasil Observasi berjudul “Puskesmas Nagrak” tersebut adalah sebagai berikut:
Pernyataan umum atau klasifikasi Bagian ini berisi pembuka atau pengantar mengenai hal yang akan penulis sampaikan. Bagian ini juga berisi hal umum tentang objek yang akan penulis kaji. Selanjutnya, penulis akan menjelaskan secara garis besar pemahaman tentang hal tersebut.

Penjelasannya: objek observasi dalam vlog “Puskesmas Nagrak” adalah sebuah tempat sarana kesehatan bernama Puskesmas Nagrak. Hal yang penulis bahas di bagian ini adalah penjelasan umum dari Puskesmas Nagrak. Pada naskah berupa teks, bagian ini terletak pada paragraf 1.

Deskripsi bagian Bagian ini berisi penjelasan detail mengenai objek atau bagian-bagian dari objek.

Penjelasannya: karena objek observasi dalam laporan hasil observasi tersebut adalah tempat sarana kesehatan bernama Puskesmas Nagrak, maka hal-hal yang dapat penulis bahas di bagian ini adalah riwayat keberadaan tempat tersebut, akses menuju tempat tersebut, sampai fasilitas apa saja yang ada di tempat tersebut. Pada naskah berupa teks, bagian ini terletak pada paragraf 2-5.

Deskripsi manfaat atau kesimpulan Bagian ini menjelaskan manfaat atau simpulan dari objek yang penulis observasi.

Penjelasannya: dalam vlog Laporan Hasil Observasi Puskesmas Nagrak, bagian ini mencakup pelayanan-pelayanan yang tempat tersebut sediakan. Pada teks, bagian ini terdapat pada paragraf 6.

Nah, berdasarkan penjelasan tersebut, maka kamu dapat menyimpulkan bahwa untuk menyusun Teks Laporan Hasil Observasi ada langkah-langkah yang harus dilakukan, yaitu:

1. Menentukan objek apa yang akan kamu observasi terlebih dahulu. Objek tersebut harus menarik dan dikuasai. Memilih objek yang ada di sekitar kamu dapat membantu dalam pengamatan. Misalnya, kalau berkenaan dengan tempat wisata alam adalah Objek Wisata Air Terjun.

2. Menentukan hal apa saja yang akan kamu amati dari objek tersebut sebagai panduan pengamatan. Kamu dapat melihat contoh perincian tersebut pada struktur laporan hasil observasi “Puskesmas Nagrak”.

3. Melakukan observasi dengan menggunakan panduan pengamatan yang telah dibuat. Carilah informasi seakurat mungkin. Jika perlu dan memungkinkan, ambillah gambar objek observasi atau bawa beberapa sampel objek tersebut. Jika memiliki kamera atau alat perekam video, kamu juga dapat mendokumentasikan kegiatan observasi dalam bentuk foto dan atau video.

4. Menyusun kerangka laporan sesuai dengan sistematika umum sebuah teks laporan observasi, yaitu pernyataan umum atau klasifikasi, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat atau kesimpulan.

Struktur Umum Rincian Topik Pengembangan
Pernyataan Umum
Deskripsi Bagian 1. …
2. …
3. …
4. …
5. …
Deskripsi Manfaat  …

5. Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi suatu teks yang padu.

Tugas Kelompok

  1. Tentukan objek tempat wisata yang akan kamu amati bersama kelompok.
  2. Ikuti langkah-langkah menulis Laporan Hasil Observasi seperti yang telah dipelajari.
  3. Buatlah Teks Laporan Hasil Observasinya.
  4. Setelah disusun menjadi Teks Laporan Hasil Observasi yang padu, periksa kembali laporan kelompokmu dengan menggunakan instrumen berikut untuk memeriksa apakah laporan hasil penelitiannya sudah tepat atau belum.
Pernyataan Ya Tidak Bukti
Laporan Memuat Pernyataan Umum
Laporan Memuat Deskripsi Bagian
Laporan Memuat Deskripsi Manfaat
Informasi yang Disampaikan Bersifat Objektif
Sumber Observasi Berdasarkan Fakta di Lapangan
Informasi yang Dilaporkan Memuat Hal atau Fenomena

5. Buatlah konversi bentuknya dari Teks Laporan Hasil Observasi menjadi sebuah vlog Laporan Hasil Observasi.

 

=========================================================================

Untuk membantu para guru dalam mencetak Modul Ajar Teks LHO Bagian 4, saya pun telah membuat modul ajar berbentuk E-Book yang dapat guru unduh. Silakan unduh di sini:

(tautan unduhan belum ada)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *