Modul Ajar Teks LHO Bagian 3

1.3 Mempresentasikan Informasi Laporan Hasil Observasi

Modul Ajar Teks LHO bagian 3 merupakan modul ajar untuk pembelajaran materi teks LHO. Isinya berupa ATP 1.3 Mempresentasikan Informasi Laporan Hasil Observasi. Saya telah menyusun Modul Ajar Teks LHO bagian 3 ini berdasarkan analisis dan kesesuaian terhadap kondisi siswa tahun ajaran 2023-2024. Maka dari itu, saya sangat merekomendasikan modul ajar ini sebagai modul ajar alternatif selain modul ajar dari pemerintah.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi Modul Ajar Teks LHO bagian 3 ini, kamu dapat mengolah dan menyajikan informasi dalam teks laporan hasil observasi sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Kamu juga dapat mengungkapkan gagasan, perasaan, atau penghargaan secara kreatif terhadap teks laporan hasil observasi orang lain.

Kata Kunci

  • Teks Laporan Hasil Observasi
  • Infografis
  • Presentasi
  • Tanggapan
  • Penghargaan

Profil Pelajar Pancasila

  • Berakhlak Mulia
  • Bernalar kritis
  • Kreatif
  • Demokratis

Apersepsi

Generasi kreatif, pada subbab sebelumnya kamu telah mendalami cara mengidentifikasi informasi dalam Teks Laporan Hasil Observasi. Pengumpulan informasi yang cukup akan menjadi data penting ketika kamu akan memaparkannya kembali untuk orang lain.

Sekarang, coba deh kamu perhatikan kembali teks itu. Ternyata, kamu dapat merangkum informasi-informasi dalam teks “Eceng Gondok Bernilai Ekonomis” tersebut ke dalam bentuk infografis yang pemahamannya lebih mudah.

Infografis adalah representasi visual dari informasi, data, atau ilmu pengetahuan secara grafis. Berikut ini adalah contoh infografis dari teks “Eceng Gondok Bernilai Ekonomis”.

Gambar 1 Infografis Eceng Gondok
(Sumber: https://tirto.id/tanam-eceng-gondok-di-jakarta-resep-sempurna-bencana-lingkungan-da8w)

Berdasarkan infografis tersebut, dapatkah kamu mempresentasikan kembali informasi-informasi yang ada?

Pertanyaan Pemantik

  1. Pernahkah kamu menyaksikan seseorang yang mempresentasikan suatu topik dalam sebuah diskusi atau rapat?
  2. Apa saja kira-kira yang diperhatikan agar presentasi berhasil?
  3. Kendala apa saja yang sering terjadi saat melakukan presentasi?
  4. Jika kamu tidak setuju dengan paparan orang lain mengenai objek dalam Teks Laporan Hasil Observasi, bagaimana cara menanggapinya?
  5. Coba sebutkan ungkapan-ungkapan penghargaan terhadap informasi yang orang lain presentasikan?

Uraian Materi

Pada bagian apersepsi, kamu mendapatkan sekilas gambaran mengenai cara merangkum informasi dalam isi teks Laporan Hasil Observasi. Setelah kamu menyusunnya sedemikian rupa menjadi sebuah infografis, rangkuman informasi-informasi tersebut dapat menjadi bahan atau poin-poin penting saat kamu mengomunikasikannya kembali untuk orang lain.

Kegiatan I

Dalam teknik presentasi, ada sebuah metode khusus untuk menyebut cara presentasi dengan hanya menuliskan pokok-pokok pikiran atau hanya mencatat poin-poin pentingnya saja. Metode presentasi tersebut dinamakan metode ekstemporan.

Tujuan dari metode ekstemporan dalam presentasi adalah agar presenter atau pembicara dapat menyampaikan materi atau isi informasi tanpa selalu waktu membaca naskah, tetapi tetap dapat terkontrol.

Ada beberapa kelebihan ketika kamu menggunakan metode ekstemporan saat melakukan presentasi, yaitu:
1. Pesan bisa diubah secara fleksibel.
2. Sistematis tapi tetap spontan.
3. Komunikasi pendengar dan pembicara lebih baik.
4. Presentasi menjadi lebih hidup karena pembicara tak fokus hanya pada teks.
5. Pembicara bisa mengeksplorasi ekspresi atau mimik, gestur, serta intonasi saat melakukan presentasi.

Jadi, dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan presentasi yang paling utama adalah agar kamu bisa lebih memahami materi, karena ketika kamu melakukan presentasi maka sebelumnya pasti membaca terlebih dahulu untuk merumuskan informasi-informasi pentingnya.

Selain itu, tujuan lain dari melakukan presentasi antara lain: (1) agar kamu dapat belajar bekerja dalam kelompok, (2) agar kamu mampu mengomunikasikan kembali suatu materi, (3) agar kamu bisa mengasah kemampuan berbicara, dan (4) agar kamu dapat menjawab pertanyaan di depan umum.

Akhirnya, kamu sudah tahu tujuan dari mempresentasikan informasi dalam Teks Laporan Hasil Observasi itu apa. Kamu juga telah mengetahui bagaimana mempersiapkan bahan materi untuk presentasi melalui infografis. Oleh karena itu, kamu dan kawan-kawan kelompokmu perlu berlatih dengan Teks Laporan Hasil Observasi lain.

Berikut ini, kamu akan membaca Teks Laporan Hasil Observasi yang berjudul “Hutan Bakau”.

Hutan Bakau 

Indonesia menjadi negara dengan hutan bakau paling luas di dunia. Menurut data Kementerian Negara Lingkungan Hidup, luas hutan bakau Indonesia mencapai 4,3 juta ha atau disebut juga dengan hutan mangrove, yang merupakan bagian dari ekosistem pantai.

Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai atau hutan yang tumbuh di wilayah pasang dan surut. Hutan ini termasuk lingkup ekosistem pantai sebab terletak di kawasan perbatasan laut dan darat.

Mangrove-mangrove ini biasanya terletak di wilayah pantai dan muara sungai. Tepatnya, hutan bakau terletak di garis pantai. Dengan posisi hutan bakau yang berada di garis pantai, hutan ini dipengaruhi oleh keadaan air laut. Pasang surut laut mengubah kondisi hutan bakau. Hutan akan tergenang air di masa pasang dan akan bebas dari genangan air pada saat air surut. Habitat hutan bakau memiliki wilayah tanah yang tergenang secara berkala. Tempat tersebut juga mendapat aliran air tawar yang cukup dari daratan.

Gambar 2 Hutan Bakau
(Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pohon-hijau-2666806/)

Hutan bakau memiliki ciri yang khas. Hutan ini terlindung dari gelombang besar. Selain itu, hutan bakau juga terlindung dari arus pasang surut laut yang kuat. Hutan bakau yang terletak di perbatasan laut dan muara sungai memiliki kadar garam payau. Di samping itu, ciri khas lain hutan bakau adalah berawa-rawa.

Hutan bakau memiliki beberapa fungsi dan manfaat. Secara fisik hutan bakau dapat menahan abrasi pantai. Pada saat datang badai, hutan bakau berfungsi sebagai penahan badai dan angin yang bermuatan garam. Di samping itu, hutan bakau dapat menahan intrusi (peresapan) air laut ke daratan. Hutan bakau juga menurunkan kandungan karbondioksida (CO2) di udara dan penambat bahan-bahan pencemar (racun) di perairan pantai. Manfaat hutan bakau juga dapat dilihat dari segi biologi. Hutan bakau menjadi tempat hidup biota laut. Selain itu, masyarakat sekitar memanfaatkan hutan bakau sebagai sumber mata pencaharian. Selain itu juga menyediakan beberapa unsur penting bahan obat-obatan.

Hutan bakau memiliki ciri khas. Hutan bakau memiliki manfaat untuk melindungi lingkungan laut, manfaat ekonomi, dan menyediakan sumber makanan/ obat-obatan.

(Sumber: https://www.merdeka.com/jateng/penyebab-eutrofikasi-pada-lingkungan-air-ketahui-berbagai-dampak-lingkungannya-kln.html?page=2)

Tugas Kelompok

Sebelum melakukan presentasi, tugas pertama yang harus kelompokmu kerjakan adalah membuat infografis dari Teks Laporan Hasil Observasi “Hutan Bakau”.

Berikut adalah tahapannya:

1. Tuliskan inti-inti informasi yang ada dalam teks!
2. Analisis juga gagasan utama setiap strukturnya (Pernyataan Umum, Deskripsi Bagian, Deskripsi Manfaat)!
3. Buka aplikasi “Canva” di ponsel/laptop!

Gambar 3 Cukup Banyak Tutorial Aplikasi Canva di Youtube
(Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ANGPgt1fj3w)

4. Pilih salah satu tema Infografis yang sesuai dengan topik “Hutan Bakau”!
5. Unduh (download) hasil Infografis tersebut dalam bentuk gambar (png/jpeg)!
6. Unggah (upload) infografis tersebut ke sosial media Instagram!

Gambar 4 Unggah infografis ke Instagram
(Sumber: https://www.imeandroid.com/2020/10/upload-foto-instagram-tanpa-crop.html)

7. Tampilkan gambar infografis di Instagram melalui proyektor kelas!
8. Presentasikan!

 

Kegiatan II

Pada Kegiatan I, kamu telah mencoba berbicara dan mempresentasikan Informasi dalam Teks Laporan Hasil Observasi. Kemudian, kamu juga telah mencoba membuat infografis sebagai salah satu cara menyimpulkan informasi dalam teks sebagai bahan presentasi.

Pada Kegiatan II ini, kamu sebagai individu akan belajar mengungkapkan gagasan, perasaan, atau penghargaan secara kreatif terhadap teks laporan hasil observasi yang telah dipresentasikan oleh kelompok lain. Secara singkat, kali ini kamu akan belajar memberikan tanggapan terhadap presentasi orang lain dengan bahasa yang santun.

Tentunya, isi tanggapan tersebut merupakan penilaian pribadimu tentang suatu hal, baik itu informasi yang luput disampaikan dalam presentasi maupun konten informasi dalam infografisnya. Tanggapan tersebut dapat kamu peroleh setelah melakukan pendalaman berdasarkan fakta dan data yang diketahui dan kamu merasa perlu ada perbaikan-perbaikan.

Nah, ketika diungkapkan, tanggapan tersebut dapat dikatakan sebagai suatu kritik. Dalam memberikan tanggapan atas suatu hal, kita menyampaikan pendapat melalui sudut pandang pribadi.

Beberapa fungsi tanggapan secara kritis adalah
1. untuk memberi saran dengan terarah, sistematis, objektif, dan dapat dipertanggungjawabkan,
2. sebagai wadah atau sarana berdialog,
3. sebagai ruang diskusi, dan
4. sebagai sarana apresiasi.

Selain itu, kamu akan belajar mengamati suatu hal dengan jelas dan detail sehingga berguna untuk memberi masukan yang membangun terhadap pembicara. Dengan demikian, suatu permasalahan dapat terpecahkan atau diselesaikan dengan lebih efektif.

Berikut ini disajikan cara memberikan tanggapan yang baik:

Gambar 5 Infografis Langkah-Langkah Menyampaikan Tanggapan yang Baik
(Sumber: http://www.canva.com)

Tugas Individu

Kamu akan memberikan tanggapan terhadap presentasi Teks Laporan Hasil Observasi teman kelompok lain. Namun, coba deh kamu berlatih terlebih dahulu. Caranya, berikan tanggapan terhadap presentasi Teks Laporan Hasil Observasi dalam bentuk vlog berikut ini.

Gambar 6 Vlog Laporan Hasil Observasi Angin
(Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=nXf1aBtzWZs)

Langkah kerja:

1. Pindai alamat Laporan Hasil Observasi Angin di atas!
2. Tentukan apa saja informasi yang penting sebagai referensi.
3. Tulis terlebih dahulu hal-hal yang ingin kamu tanggapi.
4. Rekam tanggapanmu terhadap video tersebut.
5. Kumpulkan tugas individu tersebut dalam bentuk vlog!

 

=========================================================================

Untuk membantu para guru dalam mencetak Modul Ajar Teks LHO bagian 3, saya pun telah membuat modul ajar berbentuk E-Book yang dapat guru unduh. Silakan unduh di sini:

(tautan unduhan belum ada)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *