LKPD – Proposal Pengelolaan Sampah

Pertemuan IV Kegiatan P5 dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan

LKPD – Proposal Pengelolaan Sampah merupakan lembar kerja peserta didik yang digunakan sebagai media pembelajaran yang akan siswa kerjakan bersama kelompoknya. Dalam LKPD ini, siswa belajar teknik singkat menulis proposal. Adapun untuk lebih lengkapnya, siswa harus melanjutkan praktik menulis proposal di ruang laboratorium komputer.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari kegiatan kali ini, kamu dapat menyusun rencana kegiatan proyek atau proposal dengan sistematis dan inovatif. Kamu juga dapat mempresentasikan rencana kegiatan proyek atau proposal dengan kritis dan reflektif.

Kata Kunci

  • Proposal
  • Pengelolaan
  • Sampah
  • Daur Ulang

Profil Pelajar Pancasila

  • Berakhlak Mulia
  • Bernalar kritis
  • Kreatif
  • Bergotong royong

Apersepsi

Halo, generasi keren. Akhirnya, sudah hampir satu bulan lamanya kamu belajar berkegiatan P5 dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”.

Meski perlahan, kamu pastinya sudah tahu bahwa banyak sekali hal-hal yang bisa dilakukan sebagai upaya berkehidupan yang bijak untuk bumi yang sehat.

Hal-hal kecil seperti membawa tumbler (botol minum) sendiri daripada membeli minuman kemasan, membawa tempat bekal sendiri, alat makan sendiri, atau menyortir sampah-sampah daur ulang adalah langkah luar biasa untuk memulai Gaya Hidup Berkelanjutan.

Untuk penguatan mengenai semangat membawa botol minum (tumbler) sendiri ke sekolah, kamu bisa melanjutkan LKPD – Proposal Pengelolaan Sampah dengan cara memindai videonya di bawah ini:

Gambar 1 QR Code Bawa Botol Minum Sendiri
(Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ZZFbg6i2hvA)

 

Setelah menonton video kampanye Gaya Hidup Berkelanjutan – Bawa Botol Sendiri untuk Selamatkan Bumi, saatnya kamu melakukan aksi dan kegiatan P5 lainnya.

Nah, pada materi kali ini, kamu akan langsung mengaplikasikan bagaimana menyusun Proposal Rencana Proyek Kegiatan. Karena materinya telah disampaikan pada minggu sebelumnya maka kamu akan langsung berlatih di hari ini. Cuuuuz kalau begitu!

Pertanyaan Pemantik

  1. Apa yang bisa kamu pahami tentang proposal?
  2. Pernah dengar kegiatan besar seperti konser musik atau pentas seni? Menurutmu apakah mereka membutuhkan perencanaan?
  3. Pernah lihat para pengusaha UMKM presentasi produk mereka?
  4. Di dalam proposal, apakah selalu ada rancangan anggaran?
  5. Apa saja yang wajib ada dalam proposal rencana kegiatan itu?

Uraian Materi

Mari ulas materi proposal pada kegiatan minggu kemarin, yaitu mengenai unsur-unsur yang wajib ada dalam sebuah proposal:

  1. Nama Kegiatan (Judul);
  2. Latar Belakang;
  3. Tujuan Kegiatan;
  4. Organisasi Kegiatan;
  5. Tempat dan Waktu Kegiatan;
  6. Rencana Anggaran; dan
  7. Penutup

Kegiatan Kelompok

Unduh draft format Proposal Kegiatan P5 berikut ini dan ikuti tutorial pengisiannya! Kerjakan bersama kelompokmu!

Unduh Format Proposal Kegiatan

Tutorial

1. Buka File Format Proposal Kegiatan di HP/Laptop!

2. Klik fitur “View” pada Atas Kanan, Lalu Ceklis bagian “Navigation Pane”.

3. Lihat “thumbnail” sebelah kiri. Pilihlah Nama Kegiatan (Judul), terlebih dahulu. Setelah itu, silakan ganti tulisan yang berwarna kuning dengan rencana proyek yang sudah kamu diskusikan bersama kelompokmu! Jangan lupa juga mengganti foto “calon produk” kelompokmu dengan contoh gambar di internet yang sesuai!

4. Kemudian, pilihlah PENDAHULUAN. Setelah itu, silakan ganti tulisan yang berwarna kuning pada bagian “judul kegiatan”, “latar belakang” dan “tujuan”. 

5. Lalu, pilihlah ORGANISASI KEGIATAN. Setelah itu, silakan ganti tulisan yang berwarna kuning pada bagian “tempat dan waktu kegiatan” dan “struktur kelompok kerja”. 

6. Setelah itu, pilihlah RENCANA KEGIATAN. Silakan ganti tulisan yang berwarna kuning pada bagian “perkiraan biaya produksi”, “perkiraan harga jual”, dan “keuntungan”.

7. Terakhir, pilihlah PENUTUP. Silakan ganti tulisan yang berwarna kuning. Diperbolehkan menambah dan menyesuaikan konten sesuai arahan pembimbing.

Demikian tutorial penyusunan proposal kegiatan pengelolaan sampah dalam kegiatan P5 Gaya Hidup Berkelanjutan. Susunlah proposal tersebut dalam waktu satu-dua minggu/pertemuan.

Untuk materi penting mengenai Unsur-unsur dalam Proposal dapat kamu baca kembali di link berikut ini!

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *