Contoh Jawaban Refleksi Tindak Lanjut PMM

PANJI-PRATAMA.COM – Setelah observasi pembelajaran selesai dan guru mengisi dokumen tindak lanjut di PMM, tahap berikutnya dari praktik kinerja adalah isi dokumen refleksi tindak lanjut.

Tahap ini merupakan bagian dari pembinaan kinerja yang dilakukan oleh kepala sekolah atau anggota pimpinan lainnya. Pada titik ini, guru berbicara dengan atasan, yaitu kepala sekolah atau tim yang ditunjuk, tentang cara menyelesaikan masalah, pencapaian, dan upaya perbaikan.

Platform Merdeka Mengajar (PMM) meminta guru untuk menjawab beberapa pertanyaan. Jawaban guru harus sesuai dengan isi dokumen tindak lanjut yang telah diisikan sebelumnya.

Baca Juga: Panduan Optimalisasi Kombel

Beberapa pertanyaan yang ada di Formulir Refleksi Tindak Lanjut berikut ini, dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif jawaban.

1. Apa inspirasi baru yang Anda peroleh dari upaya lanjutan?

Alternatif jawaban:

Setelah mengikuti pelatihan, saya mendapat kesempatan untuk belajar dari ahli di bidang tertentu dan memperoleh inspirasi dari mereka, dan saya menemukan ide baru tentang cara mengajar suatu konsep di kelas dengan cara yang lebih efektif melalui refleksi atas tindakan yang telah saya lakukan. Selain itu, saya menemukan wawasan baru dan solusi untuk masalah yang saya hadapi melalui diskusi dan kolaborasi dengan rekan kerja saya.

2. Berdasarkan inspirasi yang Anda peroleh, apa perubahan yang telah Anda lakukan dalam ruang kelas atau unit pendidikan Anda?

Alternatif jawaban:

Saya mendapatkan umpan balik dari murid yang menyadarkan bahwa di antara mereka ada yang khawatir menjadi anggota kelompok yang tidak efektif; Saya berusaha membuat kelas menjadi tempat yang menyenangkan untuk belajar; Saya mulai menggunakan teknologi untuk membuat proses belajar lebih efektif dan menarik bagi murid; dan saya lebih ramah saat menyambut murid dan lebih memperhatikan sikap yang ditunjukkan oleh siswa.

Baca Juga: Gus Yahya, Cerpenis Muda

3. Apa tiga hambatan terbesar yang akan Anda temui saat melakukan perubahan tersebut?

Alternatif jawaban:

Perubahan itu sulit dilakukan karena beberapa orang merasa nyaman dengan cara lama dan tidak ingin berubah. Banyak orang khawatir tentang hal-hal yang belum mereka ketahui atau merasa bahwa perubahan akan terlalu banyak pekerjaan. Faktor lainnya termasuk kekurangan waktu dan sumber daya karena melakukan perubahan membutuhkan waktu dan sumber daya. Saya merasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk mempelajari metode baru atau melakukan pelatihan yang dibutuhkan. Selain itu, guru kurang berpengalaman dalam menyediakan sarana pembelajaran atau teknologi baru yang saya butuhkan.

4. Bagaimana cara Anda mengatasi tantangan tersebut untuk memastikan perubahan?

Alternatif jawaban:

Berkomunikasi tentang tujuan perubahan dan bagaimana hal itu akan menguntungkan semua pihak, serta membantu mengatasi keraguan. Mengingat bahwa tidak cukup waktu dan sumber daya untuk memberikan jawaban akan memprioritaskan perubahan yang paling penting, dan mencari cara untuk menggunakan sumber daya yang tersedia secara lebih efisien.

Baca Juga: Siap-Siap Jadi CASN

Dalam formulir Refleksi Tindak Lanjut PMM, berikut adalah beberapa pertanyaan dan contoh jawaban yang dapat digunakan oleh guru.

Setiap guru dapat memberikan jawaban yang berbeda sesuai dengan situasi dan keadaan mereka. Selain itu, guru harus berbicara dengan kepala sekolah tentang program sekolah.***

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *