Contoh Cerpen Meraih Kesuksesan

Amanatnya adalah Untuk Ajak Pemuda untuk Antimalas Bekerja

Contoh cerpen Meraih kesuksesan mengandung pesan agar kita tidak malas bekerja. Dengan begitu, orang tersebut akan membuka peluang menjadi kaya dan sejahtera. 

Tentunya, setiap cerpen mempunyai amanat yang dapat menjadi inspirasi. Hal itu sesuai dengan pengertian amanat dalam cerpen yaitu sebuah pesan moral dalam sebuah cerita atau karya lainnya yang ingin disampaikan oleh si penulis atau pengarang kepada para pembacanya.

Contoh cerpen meraih kesuksesan ini menceritakan tentang sosok Supri yang awalnya pemalas dan menganggur menjadi sosok pekerja keras dan sukses.

Agung Gumelar, selaku penulis contoh cerpen meraih kesuksesan ini, merupakan seorang siswa SMA yang menyadari bahwa kerja keras itu penting dalam meraih kesuksesan.

Dengan judul Pengangguran, cerpen perjuangan meraih kesuksesan ini, mengajarkan pembaca, terutama dari kalangan siswa SMA untuk giat bekerja keras.

Baca jugaContoh cerpen singkat tentang meraih cita-cita

Seperti apa contoh cerpen meraih kesuksesan tersebut? Saksikan contoh contoh cerpen meraih kesuksesan beserta strukturnya, yaitu Abstrak, Orientasi, Komplikasi (Puncak Konflik), Evaluasi, Resolusi, dan Koda.

Meraih Kesuksesan

karya Agung Gumelar

 

Abstraksi

Ada seorang pengangguran yang bernama Supri.

Supri ingin menjadi seorang komedian yang sangat terkenal, tetapi Supri orangnya sangat pemalas.

Orientasi

Setelah beberapa bulan kemudian, Supri berpikir ingin membahagiakan orang yang dia sayang. Kemudian Supri berusaha agar bisa menjadi seorang komedian yang terkenal.

Setelah mencoba beberapa kali selalu gagal, Supri tidak putus asa dan terus mencoba. Setelah beberapa bulan latihan, Supri pun ikut lomba komedian di kampung halamannya dan Supri menjadi juara pertama.

Supri memang dikenal sebagai orang yang sangat lucu. Karena keinginannya sangat tinggi, Supri terus berusaha agar keinginannya bisa tercapai. Supri tidak pernah putus asa pantang menyerah karena tujuannya ingin menjadi komedian.

Baca juga: Contoh cerpen karya siswa mengenai sekolah

Sejak Supri terus mengikuti audisi komedian dan berhasil. Supri memperdalam pengetahuannya menjadi seorang komedian.

Beberapa tahun akhirnya terlewati dan Supri tercatat sebagai komedian yang baik dan lucu.

Hingga akhirnya, Supri bisa masuk podcast Deddy Corbuzer dan melawak di sana.

Mari kita tampilkan, komedian terbaru kita, Supri ….,” kata Deddy Corbuzer pada penonton.

Komplikasi

Akhirnya, cita-citanya menjadi seorang komedian yang terkenal pun terwujud. Supri sangat bangga bisa membahagiakan orang yang dia sayang dan Supri tidak pernah sia-sia atas perjuangannya untuk menjadi seorang komedian.

Sejak saat itu, Supri terus melanjutkan kariernya agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Setelah sekian lama Supri menjalani kariernya.

Resolusi

Hingga kemudian, tiba-tiba Supri kembali gagal dan jarang tampil melawak. Karier Supri hancur karena kebiasaan buruknya dulu yaitu pemalas. Sebetulnya banyak yang mengundang Supri untuk tampil, tetapi Supri sering kali pilih-pilih dan malas. Makanya, Supri jadi kembali hancur kariernya. 

Hancur sudah karierku. Semua karena kesalahanku sendiri,” pikirnya.

Supri sangat menyesal atas kebiasaan buruknya itu. Satu tahun berikutnya, Supri memulai lagi dari awal untuk membetulkan kariernya yang sudah hancur.

Baca jugaContoh cerpen siswa mengenai persahabatan

Ternyata, takdir Supri tidak bisa berubah untuk menjadi komedian yang terkenal. Kekecewaan pun Supri rasakan dan dia sangat menyesal karena telah menghancurkan kariernya sendiri.

Supri sekarang kembali menjadi seorang pengangguran yang pemalas.

Koda

Akhir cerita, Supri paham bahwa ingin menjadi seorang komedian itu tidaklah mudah membutuhkan kesabaran, kerja keras, dan percaya diri.

Demikianlah contoh cerpen meraih kesuksesan. Semoga contoh cerpen singkat ini dapat menjadi inspirasi bagi pembaca, terutama siswa SMA.***

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *