Bukan Irfan Jaya, Inilah Sosok Peraih Man of The Match di Pertandingan Indonesia vs Malaysia

PANJI-PRATAMA.COM – Meskipun melesakkan dua gol dalam pertandingan krusial antara Indonesia vs MalaysiaIrfan Jaya tidak mendapatkan gelar Man of The Match. Gelar tersebut justru diberikan pada pencetak gol indah di menit ke-50 yaitu Pratama Arhan.

Selain karena gol indahnya dari luar kotak penalti, Arhan begitu konsisten selama 90 menit pertandingan.

Bek sayap yang bermain di PSIS Semarang tersebut sering merepotkan lini pertahanan Malaysia dengan membuka celah lini pertahanan sebelah kiri. Bahkan, beberapa kali crossing-nya terbilang membahayakan.

Baca Juga: Pedirjen 2626

Selain umpan, tusukan-tusukan pemain berusia 19 tahun ini sangat merepotkan wilayah pertahanan Rizal Ghazali dan Dion Cools. Tendangan ke gawangnya yang pertama tercatat di menit ke-39. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap oleh Kiper Malaysia, Khairul Fahmi.

Salah satu tusukannya yang menjadi titik balik Indonesia tercipta di menit ke-42. Pada akhirnya, upayanya tersebut berbuah gol kedua Irfan Jaya. Melalui driblling yang cepat dari sisi kiri, Arhan lepas dari hadangan dua pemain Malaysia sekaligus.

Dengan cepat, dirinya menyontek bola ke arah gawang. Bola sempat mengenai kaki pemain belakang Malaysia, Junior Eldstal, hingga bergulir tidak terduga ke sebelah kanan. Bola liar tersebut langsung diteruskan dengan sliding terukur Irfan Jaya hingga menjadi gol.

Baca Juga: Contoh SK Kombel

Begitupun dengan pergerakan liarnya di menit ke-50, yang akhirnya menjadi gol indah di pertandingan tersebut.

Berawal dari tendangan sudut yang diambil oleh sayap kiri Irfan Jaya. Kiriman umpan langsung ke tiang dekat, coba dibuang dengan kepala oleh bek Malaysia.

Bola kembali ke kaki Irfan Jaya dan diteruskan ke kaki Pratama Arhan di tengah kiri. Arhan sedikit membawa bola ke batas garis luar kota penalti.

Tiba-tiba, salah satu gelandang Malaysia coba men-tackle dari tengah. Namun dengan tenangnya, Arhan mendorong bola sedikit hingga terlepas dari hadangan.

Baca Juga: UAS Bindo Tingkat Lanjut

Dalam sepersekian detik selanjutnya, Arhan menendang bola dengan kaki kirinya. Tendangan cepat dan keras itu membentuk kurva yang cantik sehingga melewati upaya tepisan dari kiper Malaysia, Khairul Fahmi. Skor 3-1 pun menjadi milik Indonesia.

Gol itu tentu saja semakin melambungkan asa pemain Indonesia untuk terus memimpin grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura, Kallang, Singapura. Karena di pertandingan lain Vietnam versus Kamboja, Vietnam berhasil menjaga skor 3-0.

Kepastian Indonesia memimpin grup B Piala AFF 2020 akhirnya tercipta di menit ke-80. Bek jangkung Indonesia, Elkan Baggot menanduk umpan corner Evan Dimas sehingga menjadikan skor 4-1 untuk Indonesia.

Dengan hasil tersebut, Indonesia dipastikan akan melawan Singapura pada pertandingan semifinal leg 1 AFF 2020 yang akan dilangsungkan pada hari Rabu, 22 Desember 2021 dan semifinal leg 2 pada Natal 2021 nanti. ***

(*Tulisan ini dimuat pertama kali di: https://bogor.urbanjabar.com/olahraga/pr-2682191522/bukan-irfan-jaya-inilah-sosok-peraih-man-of-the-match-di-pertandingan-indonesia-vs-malaysia?page=2 pada 20 Desember 2021)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *