Contoh Cerpen Tema Persahabatan

Amanatnya adalah Semua Orang Butuh Pertemanan

Contoh Cerpen Tema persahabatan yang hangat menceritakan tentang manusia mana yang tidak mau hidup sendiri. Cerita dalam Contoh Cerpen Tema persahabatan ini menjadi bukti bahwa setiap manusia membutuhkan hangatnya persahabatan.

Kisah persahabatan dalam Contoh Cerpen Tema persahabatan bisa menjadi ide untuk menulis cerpen. Contoh cerpen siswa mengenai persahabatan berikut ini adalah buktinya.

Cerpen tema persahabatan yang hangat ini merupakan karya seorang anak SMA kelas XI bernama Adhi Purnama Yusuf.

Penulis mengambil judul Persahabatan, sebagai bukti bahwa dengan persahabatan, hidup akan terasa lebih hangat.

Baca jugaContoh cerpen guru tentang pertemuan yang berujung jodoh

Berikut ini adalah cerpen tema persahabatan yang hangat:

Persahabatan

karya Adhi Purnama Yusuf

 

Abstraksi

Dulu ada seorang sahabat yang tidak lupa diri, namanya adalah Dede.

Dia hidup tercukupi. Semua keinginannya bisa terpenuhi sampai barang apa pun bisa dibelinya. Dia seorang anak dari konglomerat yang sangat kaya. Ibu dan ayahnya adalah pengusaha besar yang berada di daerah Bandung.

Orientasi

Akan tetapi, hal yang sangat baik dari keluarga itu adalah mereka mampu bersikap dan berperilaku layaknya orang biasa. Tingkahnya sopan, ramah terhadap tetangga, begitu pun kepada orang lain. Tidak terkecuali dengan Dede, anaknya yang tidak pernah manja terhadap siapa pun, termasuk orang tuanya.

Dede bisa bersikap baik terhadap semua orang, termasuk temannya, sehingga banyak yang ingin dekat dengannya. Salah satu sahabat terbaiknya adalah Rahman. Dia berasal dari keluarga kurang mampu. Rumahnya yang masih satu kecamatan dengan Dede, membuatnya gampang untuk bertemu.

Namun pada hari itu, sahabat terbaik Dede tak pernah terlihat lagi, hampir dua minggu lamanya.

Kok rahman gak keliatan lagi? Gak biasanya dia gak masuk sekolah,” tanya dede.

“Mungkin sakit,” jawab mama dede.

“Kalau begitu nanti sore ke rumahnya,” kata dede dengan sangat semangat.

Komplikasi

Sudah berapa kali Dede mengetuk pintu, tetapi tak ada jawaban. Kemudian tiba-tiba muncul orang dari sebelah rumah.

“Ada apa, Bang?” Tanya lelaki itu.

“Saya mau mencari Rahman sahabat saya,” jawab Dede.

Alangkah terkejutnya jawaban dari lelaki itu, bahwa Rahman yang selama ini dia kenal dan menjadi sahabat terbaiknya kembali ke desa. Karena menurut kabar Rahman putus sekolah demi ingin membantu orang tuanya di desa untuk bertani.

Setelah Dede kembali, Dia hanya bisa melamun dan tidak bisa berbuat apa-apa. Lantas ia berpikiran untuk mencari Rahman.

Resolusi

Setelah bertahun-tahun Dede mencari tanpa putus asa, akhirnya usaha Dede pun mendapatkan hasil. Ada seorang ibu yang kenal dengan Rahman. Ibu tersebut memberitahukan alamat rumah Rahman yang sekarang.

Baca jugaContoh cerpen singkat meraih cita-cita

Lantas Dede bergegas ke tempat kediaman Rahman dengan penuh semangat. Akhirnya Dede menemukan rumah Rahman yang jauh dari perkotaan. Dede akhirnya bertemu Rahman dengan suka cita. Setelah bertahun-tahun tidak bertemu, mereka tampak terharu karena rindu.

Dede tidak menyangka sekarang Rahman hidup sendirian di rumah. Sebatang kara karena orang tuanya sudah meninggal setahun yang lalu karena sakit keras.

Akhirnya Dede pun mengajak Rahman sahabat terbaiknya untuk tinggal dan hidup bersamanya dan melanjutkan sekolahnya.

Koda

Rahman pun senang dengan penawaran sahabatnya tersebut. Rahman merasa terharu sekaligus bahagia karena mempunyai sahabat yang baik dan tidak melupakannya.

Demikianlah, cerpen tema persahabatan yang hangat ditulis langsung oleh siswa SMA. Semoga cerpen ini dapat menjadi inspirasi bagi yang membacanya.***

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *