Materi – Cara Menyusun Proposal P5

Sebagai Pelengkap Modul Ajar P5 - Fase E - Gaya Hidup Berkelanjutan

Materi – Cara Menyusun Proposal P5 merupakan artikel yang membahas tentang sosialisasi materi pembuatan proposal. Selanjutnya, pada Materi – Cara Menyusun Proposal P5 ini, terdapat lembar kerja peserta didik yang membahas tentang bagaimana siswa mengembangkan idenya menjadi sebuah eksekusi bisnis.

Untuk tema P5 “Gaya Hidup Berkelanjutan”, alternatif asesmen sumatif yang dapat menjadi pilihan adalah pengumpulan Proposal Pengolahan Sampah Bernilai Ekonomis. Oleh karena itu, guru perlu memberikan materi tentang bagaimana Materi – Cara Menyusun Proposal P5 yang baik.

Gambar 1 Contoh Proposal Pemanfaatan Limbah (Sumber: https://prezi.com/p/zdm-zh7ysyzx/proposal-proyek-penguatan-profil-pelajar-pancasila-10b/)

Konsep Dasar Proposal

Pada umumnya sebelum kita melakukan suatu kegiatan, kita harus menyusun rencana kegiatan terlebih dahulu. Rencana kegiatan itu berisi strategi pelaksanaan kegiatan dari awal sampai akhir. Penyusunan rencana kegiatan itu adalah proposal.

Proposal ada dua, yaitu proposal karya ilmiah dan proposal umum. Proposal karya ilmiah adalah suatu rancangan desain penelitian (usulan penelitian) yang akan seorang peneliti kerjakan tentang suatu bahan penelitian, sedangkan proposal umum adalah usulan atau rancangan kegiatan. Dengan demikian, dalam membuat proposal kegiatan P5, kita menggunakan sistematika proposal umum.

Berikut ini adalah unsur-unsur dalam proposal umum:

Nama Kegiatan (Judul) 

Nama kegiatan/judul yang akan pelaksanaannya tercermin dalam judul proposal.

Misalnya:

Pemanfaatan Limbah Kaca sebagai Bahan Baku Pembuatan Vas Bunga Kolase” 

Latar Belakang 

Latar belakang proposal berisi pokok-pokok pemikiran dan alasan perlunya kegiatan tersebut.

Misalnya:

Limbah kaca adalah bahan yang sulit terurai dan bersifat tajam, banyak berserakan di sekitar lingkungan. Orang menganggap limbah kaca sebagai benda yang tidak memiliki nilai. Oleh sebab itu, perlu adanya suatu proses pengolahan limbah kaca agar menghasilkan suatu hiasan kaca yang bernilai estetik, … dst. Pengajuan proposal ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pengolahan limbah kaca menjadi … dst. 

Tujuan Kegiatan 

Penyusunan proposal harus merumuskan tujuan sedemikian rupa agar target yang akan dicapai dan nilai tambah yang diperoleh dapat dirasakan oleh pembaca proposal. Oleh karena itu, tujuan harus dijabarkan supaya tampak manfaatnya.

Misalnya:

a. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam membuat produk bernilai ekonomis, sekaligus berlatih menjadi pribadi yang peka terhadap kebersihan lingkungan. 

b. Mengembangkan kemampuan mengolah limbah menjadi bahan yang dapat dipergunakan kembali. 

Sasaran/Peserta/Kepanitiaan 

Penyusun proposal harus menetapkan secara tegas siapa yang akan dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Misalnya:

Kegiatan ini ditujukan untuk siswa-siswi SMAN 1 London kelas X.5 Kelompok V, yaitu: … dst. 

Tempat dan Waktu Kegiatan 

Penyusun proposal harus menetapkan secara tegas siapa yang akan dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Misalnya:

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2026 (Bazar Panen Karya P5) di SMAN 1 London. 

Rencana Anggaran Kegiatan 

Penulis proposal harus menyusun anggaran biaya yang logis dan realistis, serta memperhatikan keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

Misalnya:

Dalam kegiatan Pemanfaatan Limbah Kaca ebagai Bahan Baku Pembuatan Vas Bunga Kolase, ada beberapa anggaran dana yang didapat maupun yang dikeluarkan agar kegiatan berjalan dengan baik. … dst.

Penutup 

Setiap penulisan proposal tentu harus memiliki penutup sebagai akhir dari suatu kepenulisan. Penutup berisi ucapan terima kasih dan harapan dari pihak penyelenggara kegiatan.

Misalnya:

Demikian proposal ini kami buat. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi dari sekolah. Semoga acara ini dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan. Atas perhatian dan kerjasama, kami ucapkan terima kasih.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *